Membuat Fungsi Terbilang Excel 2007


Assalamu’alaikum,

Helo agan-agan. ane sekarang amu buat fungsi terbilang di excel 2007. Untuk pengertian dari Fungsi terbilang Excel adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk menerjemahkan angka menjadi huruf.  sebagai contoh terdapat Nominal Rp.17.000,- maka akan diterjemahkan menjadiTujuh Belas Ribu.

Fungsi terbilang di excel sangat penting digunakan untuk menerjemahkan angka menjadi huruf. Karena, tidak mungkin salah dan praktis dalam penggunaannya dari pada menerjemahkan secara manual.

Ane akan membagi cara bagaimana membuat Aplikasi Terbilang di Excel 2007.

Pertama, Silakan agan-agan mengunduh aplikasi terbilang untuk Excel Di sini. Setelah anda berhasil mengunduh aplikasi terbilang excel, kemudian Ekstrak dan install add-in tersebut. Sebelum install add-in, agan-agan matikan dulu security Macronya. supaya add-innya Berjalan.

Bagaimana mematikan security macronya…? Caranya seperti ini gan:

Buka Microsoft Office Excel 2007

Klik Office Button (tombol bulat di pojok kiri atas)
Pilih Excel Options

Setelah muncul jendela Pengaturan Excel maka yang harus dilakukan adalah
Pilih Trust Centre => Trust Centre Settings => Macro Settings

Kemudian Pada Macro settings pilih Enable All Macro kemudian klik OK

Masuk ke Menu Add-Ins kemudian klik Go

Jangan lupa cek pada Solver ad-in.

Kemudian Tekan Browse dan arahkan ke file terbilang.xla yang sudah anda download tadi. Centang terbilang pada daftar add-in

Klik OK dan siap fungsi terbilang siap digunakan.

Okelah.. setelah semua udah beres kita sekarang menuju ke setting di cell Excel.

Buatlah Invoice Sederhana dengan menggunakan Excel 2007. dengan design yang agan-agan bisa. Contohnya seperti ini:

Pada tanda kotak yang saya beri warna merah silakan agan kasih sintak untuk memanggil fungsi terbilang, Sintaknya seperti ini:

=terbilang(cell angka yang akan diterjemahkan) &” Rupiah”

Contoh : =terbilang(F43) &” Rupiah”

maka cell angka akan diterjemahkan seperti gambar berikut ini:

Horee akhirnya Berhasil juga…

Okeh dech. Mungkin sampai disini dulu tulisannya. mungkin dapat kita sambung lagi di komentar atau YM di za_in222000

Bye bye

About these ads
This entry was posted in Uncategorized by Admin. Bookmark the permalink.

4 thoughts on “Membuat Fungsi Terbilang Excel 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s